03 Analisis Kritis dan Novelty Artikel - Authentic Assessment

Dalam artikel tersebut penelitian berfokus pada desain penilaian autentik yang diadaptasi dari penerapan yang telah dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat acuan penilaian autentik yang dapat dilakukan selama pembelajaran daring. Sehingga hasil penelitian dapat dilakukan secara luas bagi guru dalam memberikan penilaian dalam pembelajaran daring, yang mana hal ini dilakukan dalam upaya adaptasi proses penilaian dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19.

A.    Analisis Kritis Artikel

          Dari hasil penelitian pada artikel ini menunjukkan bahwa ada berbagai kemungkinan cara untuk melakukan penilaian dalam pembelajaran daring. bentuk adaptasi dapat didasarkan pada implementasi yang telah dilakukan, sehingga gutu tidak mengalami kesulitan dan dapat lebih fokus pada proses pembelajaran tanpa memikirikan strategi penilaian yang baru dan asing. Bentuk penilaian yang dapat dilakukan adalah melakukan tes tertulis dengan soal studi kasus atau analisis yang disediakan dalam platfrom online;diskusi online dengan penilaian teman sejawat serta penilaian keaktifan oleh guru; menulis makalah; dan menganalisis studi kasus termasuk melakukan tinjauan dan kritik.

Pada prinsipnya, belajar mengajar online dapat disampaikan secara asinkron atau sinkron. Dalam metode penilaian asinkron, yang tidak dilakukan secara real-time, tugas dan portofolio dapat digunakan untuk menilai pengetahuan dan keterampilan siswa. Metode synchronous assessment dilakukan secara real-time yaitu pada saat proses pembelajaran online. Selanjutnya, perlu adanya evaluasi terhadap pelaksanaan penilaian autentik online.

B.  Novelty Artikel

Sumber :

Sutadji, E., Susilo, H., Wibawa, A. P., Jabari, N. A. M., & Rohmad, S. N. (2021, March). Adaptation strategy of authentic assessment in online learning during the covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1810, No. 1, p. 012059). IOP Publishing.


Komentar

Postingan Populer