03 Analisis Kritis dan Novelty Artikel - Authentic Assessment
Dalam artikel tersebut penelitian
berfokus pada desain
penilaian autentik yang diadaptasi dari penerapan yang telah dilakukan oleh
guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat acuan penilaian autentik
yang dapat dilakukan selama pembelajaran daring. Sehingga hasil penelitian
dapat dilakukan secara luas bagi guru dalam memberikan penilaian dalam
pembelajaran daring, yang mana hal ini dilakukan dalam upaya adaptasi proses
penilaian dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19.
A. Analisis Kritis Artikel
Dari hasil penelitian pada artikel ini menunjukkan bahwa ada berbagai kemungkinan cara untuk melakukan penilaian dalam pembelajaran daring. bentuk adaptasi dapat didasarkan pada implementasi yang telah dilakukan, sehingga gutu tidak mengalami kesulitan dan dapat lebih fokus pada proses pembelajaran tanpa memikirikan strategi penilaian yang baru dan asing. Bentuk penilaian yang dapat dilakukan adalah melakukan tes tertulis dengan soal studi kasus atau analisis yang disediakan dalam platfrom online;diskusi online dengan penilaian teman sejawat serta penilaian keaktifan oleh guru; menulis makalah; dan menganalisis studi kasus termasuk melakukan tinjauan dan kritik.
Pada prinsipnya,
belajar mengajar online dapat disampaikan secara asinkron atau sinkron. Dalam
metode penilaian asinkron, yang tidak dilakukan secara real-time, tugas dan
portofolio dapat digunakan untuk menilai pengetahuan dan keterampilan siswa.
Metode synchronous assessment dilakukan secara real-time yaitu pada saat proses
pembelajaran online. Selanjutnya, perlu adanya evaluasi terhadap pelaksanaan
penilaian autentik online.
B. Novelty Artikel
Sumber :
Komentar
Posting Komentar