05 Analisis Kritis dan Novelty Artikel - Computer Based Test

  Dalam artikel tersebut penelitian berfokus pada pengembangan instrumen tes sumatif pada pembelajaran fisika semester ganjil kelas X SMA berbantuan software wondershare quiz creator sebagai media pembuatan soal ujian berbasis komputer. Untuk mencapai tujuan tersebut, jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development and Dissemination) digunakan dalam penelitian tersebut.

A.    Analisis Kritis Artikel

Penelitian ini menghasilkan instrumen tes sumatif berbantuan software wondershare quiz creator pada pembelajaran fisika kelas X SMA berjumlah 40 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang dikembangkan dengan model pengembangan 4-D melalui 3 tahapan yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Isi produk telah divalidasi oleh validator yaitu ahli materi yang memperhatikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa dengn skor 3,34 pada kategori tinggi dan dinyatakan valid. 

Produk juga telah diujicobakan secara terbatas terhadap 28 siswa kelas X SMA dan dilakukan analisis reliabilitas dengan skor 0,941 (reliabel) Kemudian berdasarkan analisis tingkat kesukaran soal, terdapat 12 butir soal yang kategori mudah, 20 butir soal kategori sedang, dan 8 butir soal kategori susah. Selanjutnya analisis daya pembeda diperoleh 4 soal dengan kategori sangat baik, 18 soal dengan kategori baik, 17 soal dengan kategori cukup, dan 1 soal dengan kategori kurang baik sehingga produk dapat digunakan sebagai instrumen tes penilaian akhir semester 1 kelas X SMA di sekolah.

B.    Novelty Artikel

Sumber : 

Insani, N., Syahril, & Nor, M. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Sumatif Berbantuan Software Wondershare Quiz Creator Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6:3, 13961-13970. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4824


Komentar

Postingan Populer