06 Analisis Kritis dan Novelty Artikel - Misconception Diagnostic Test
Dalam artikel tersebut penelitian berfokus pada pengembangan instrumen tes diagnostik Four-Tier Diagnistic Test yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi usaha dan pesawat sederhana.Untuk mencapai tujuan tersebut, jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE digunakan dalam penelitian tersebut. Adapun hasil penelitian yang dikembangkan adalah instrumen tes pilihan ganda bentuk four-tier diagnostic test dengan tingkat keyakinan CRI untuk mengidentifikasi miskonsepsi.
A. Analisis
Kritis Artikel
Penelitian
ini menghasilkan instrumen tes diagnostik berupa Four-Tier Diagnistic Test
dengan CRI pada topik usaha dan pesawat sederhana merupakan tes empat tingkat
untuk mendiagnosa miskonsepsi, yang dilengkapi dengan tingkat kepastian pada
tingkat jawaban dan tingkat alasan jawaban. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrumen yang
dikembangkan valid sehingga layak untuk digunakan. Instrumen ini dilengkapi
dengan Certainty of Response Index (CRI) yang dapat dengan mudah
menunjukkan kepercayaan diri siswa dalam menjawab pertanyaan dan memberikan alasan
jawaban. Tes diagnostik four-tier dengan CRI ini lebih efektif dalam
mendiagnosis miskonsepsi sehingga hasil identifikasi miskonsepsi akan lebih
akurat. Selanjutnya berdasarkan hasil uji coba pada siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Kalirejo, dari 20 soal yang dikembangkan diperoleh 15 soal yang layak
digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penelitian ini telah berhasil mengembangkan instrumen Four-Tier
Diagnistic Test dengan CRI.
Komentar
Posting Komentar