07 Analisis Kritis dan Novelty Artikel - Performance Assessment

    Dalam artikel tersebut penelitian berfokus untuk mendeskripsikan hubungan antara kinerja siswa dalam pembelajaran fisika berbasis praktikum terhadap kerjasama siswa dan keterampilan komunikasi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini juga menguji validitas dan reliabilitas instrumen asesmen, dan untuk data diuji dengan menggunakan uji korelasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara kinerja siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan kerjasama dan komunikasi siswa.

A.    Analisis Kritis Artikel

Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah MAN 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan pada saat penelitian adalah instrumen penilaian kinerja, kemampuan kognitif dan kemampuan komunikatif instrumen yang digunakan uji ahli. Uji validitas ketiga instrumen yang digunakan saat praktikum yaitu menggunakan keterampilan kolaborasi, keterampilan komunikasi, dan instrumen penampilan siswa yang telah dikembangkan sebelumnya. Uji validitas digunakan untuk mengetahui kelayakan item dalam daftar pertanyaan dalam mendefinisikan suatu variabel. Daftar pertanyaan ini umumnya mendukung sekelompok variabel tertentu. Uji validitas dilakukan terhadap setiap item yang diuji validitasnya. Jika sudah valid, selanjutnya pengujian reliabilitas dapat dilakukan secara bersama-sama pada semua item. Jika nilai Alpha > 0,60 maka reliabel dan terakhir dilakukan uji korelasi dengan mengkuadratkan koefisien korelasi (r hitung) yang didapat, untuk melihat pengaruhnya dalam bentuk persentase.

Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kinerja siswa dalam pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan kolaboratif siswa dengan nilai sig ≥ 0,05 dan r = 0,058 artinya tidak ada hubungan dan tidak ada hubungan antara kinerja siswa dalam pembelajaran fisika berbasis praktikum dengan kemampuan komunikatif siswa diperoleh sig =0,05 dan nilai r = -0,176.

B.    Novelty Artikel

Sumber : 

Sumiyati, N., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2019). The implementation of performance assessment instruments to enhance students’ collaboration and communication skills. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 29-36. https://doi.org/10.23960/jpf.v7.n1.201904

Komentar

Postingan Populer