15 Analisis Kritis dan Novelty Artikel - Scientific Reasoning Assessment
Dalam
artikel tersebut penelitian berfokus untuk mengembangkan, memvalidasi,
dan mengeksplorasi faktor-faktor laten yang memprediksi kesulitan soal dalam
tes, mengukur CVS dalam fisika untuk siswa SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
kesulitan item bergantung pada subskill tetapi tidak dipengaruhi oleh
konten terkait fisika atau jumlah variabel independen. Tes tersebut menunjukkan
potensi sebagai alat ukur untuk menilai CVS dalam fisika dasar di tingkat
pendidikan menengah atas.
A.
Analisis Kritis Artikel
Tes kontrol variabel dalam fisika (CVSP) dikembangkan untuk mengukur tiga subskill CVS dalam fisika untuk siswa sekolah menengah. Itu terdiri dari tiga subketerampilan CVS: mengidentifikasi eksperimen terkontrol, menafsirkan hasil eksperimen terkontrol, dan memahami determinasi eksperimen yang dikacaukan. Soal tes dikembangkan dalam format pilihan ganda, menggunakan stem dengan tiga distraktor dan satu jawaban benar. Struktur tugas masalah didasarkan pada dasar pemikiran prinsip. Jawaban yang benar dan salah pada awalnya masing-masing diberi skor 1 dan 0 poin.
Pengujian validitas isi awal dilakukan terhadap 470 siswa dari kelas 10, 11, dan 12 di Vietnam. Studi utama dilakukan dengan 470 siswa dari kelas 10, 11, dan 12 di Vietnam, dengan usia rata-rata 16,5 tahun dan rasio pria-wanita 40,6:59,4. Pengumpulan data dilakukan pada semester kedua tahun pelajaran 2019–2020. Siswa mengikuti tes baik dalam mode administrasi kertas dan pensil atau online, dan kuesioner latar belakang disematkan di bagian pertama tes. Tes online dirancang dalam eDia Electronic Diagnostic Assessment System melalui server Universitas Szeged. Siswa menghabiskan sekitar 35 menit menyelesaikan tes.
Teori respons item adalah teknik statistik yang digunakan untuk menilai pembelajaran dan potensi kognitif dalam pengaturan pendidikan. Model Rasch adalah pengukuran pemodelan psikometrik yang banyak digunakan dan relevan untuk menyelidiki model tes dan menginterpretasikan hasilnya. Kemanjuran model yang mungkin dalam analisis model Rasch seringkali didasarkan pada tiga indeks: penyimpangan, kriteria informasi Akaike (AIC), dan kriteria informasi Bayesian (BIC). Peta Wright juga dipertimbangkan untuk mengeksplorasi hubungan antara tanggapan peserta dan kesulitan soal. Analisis fungsi item diferensial (DIF) digunakan untuk memeriksa karakteristik statistik suatu item.
Paket difR di lingkungan R sesuai untuk analisis DIF. Kriteria batas untuk statistik MH adalah 3,842, p.05, dan ukuran efek 1 dapat diabaikan, 1 sedang, dan 1,5 besar. Analisis DIF digunakan untuk menyelidiki kesetaraan antara siswa laki-laki dan perempuan, dan CVS memiliki hubungan erat dengan pengetahuan konten dan kinerja sekolah. Uji perbedaan signifikan jujur ANOVA dan Tukey digunakan untuk menguji pengaruh subskills, konten pengetahuan, dan variabel independen pada kesulitan soal.
Studi ini telah menyumbangkan item potensial untuk kemampuan penalaran CVS dan menyediakan item masalah yang dapat dirujuk oleh guru saat mengembangkan tugas. Pria tidak berbeda secara statistik dari wanita dalam tugas CVS, tetapi ada sedikit perbedaan di setiap subskill. Guru harus menyadari kecenderungan untuk memilih tugas yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan CVS siswa. Siswa sering salah memahami tujuan tugas sebagai menyusun hasil daripada mencari tahu tentang status kausal dari satu variabel. Guru harus membantu siswa menyadari kemungkinan jebakan ini dalam melaksanakan tugas CVS.
B. Novelty Artikel
Sumber :
Komentar
Posting Komentar